Anda Di : Home » cPanel Hosting » java script » php » php script » public_html » Wordpress » wordpress plugin » Wordpress Tutorial » Menampilkan Popular Post Tanpa Plugin

Menampilkan Popular Post Tanpa Plugin

Cara Bikin Popular Post Di Blog Wp Tanpa Plugin

Script php popular post ini akan membantu untuk menampilkan posting yang paling populer di blog wordpress anda tanpa menggunakan plugin tambahan. Selain itu php script popular post ini bias kita letakkan ditempat yang kita inginkan, misalnya di bawah posting, sidebar, home, dsb.

Bagaimana php script popular post ini bekerja?...

Yup… Pertanyaan yang sangat bagus, sebaiknya kita harus tahu terlebih dahulu bagaimana sebuah script bekerja, sehingga kita bisa menentukan apakah perlu menggunakan script tersebut atau tidak.

Php script popular post ini berfungsi untuk menampilkan artikel paling popular di blog wordpress anda, dan ia akan bekerja menampilkan popular post berdasarkan banyaknya komentar di postingan tersebut, jadi semakin banyak posting (artikel) tersebut di komentari pengunjung maka php script popular post ini akan menganggap itulah artikel paling popular di blog anda, dan akan di letakkan di bagian atas pada list popular post nanti.

Untuk melihat hasil kerja dari php script ini, silahkan lihat di sidebar blog ini yang saya kasih judul Paling Populer :-)

Sudah siap untuk praktek?...

Ok. Mari kita mulai

Cara Bikin atau Menampilkan Artikel Terpopuler Tanpa Plugin Dengan Script Popular Post


Sebenarnya Cara membuat Popular Post ini tidak terlalu sulit,  kita hanya perlu menambahkan kode php untuk dipasangkan ditempat yang kita inginkan. Walaupun mudah tetapi sebaiknya berhati-hatilah dalam memsukkan php script ini :-)

A. Cara Bikin Popular Post Melalui wp admin

Pertama silahkan login dulu ke wp admin => Template Editor, silahkan kopi kode berikut:
<ul>
<?php $result = $wpdb->get_results("SELECT comment_count,ID,post_title FROM
$wpdb->posts ORDER BY comment_count DESC LIMIT 0 , 10");
foreach ($result as $post) {
setup_postdata($post);
$postid = $post->ID;
$title = $post->post_title;
$commentcount = $post->comment_count;
if ($commentcount != 0) { ?>
<li><a href="<?php echo get_permalink($postid); ?>" title="<?php echo $title ?>">
<?php echo $title ?></a> (<?php echo $commentcount ?>)</li>
<?php } } ?>
</ul>

Paste php Popular Post tersebut di tempat yang anda inginkan, anda bisa memasangnya di sidebar, footer, dsb. Setelah itu silahkan simpan.

Jika anda masih bingung bagaimana cara edit theme wordpress anda melalui wp admin, silahkan baca panduan Cara Membuat Recent Coment Tanpa Plugin, karena di posting tersebut sudah saya sertakan gambarnya.

Bagaimana jika saya tidak bisa mengedit template saya melalui wp admin?

Tenang.... walaupun kita tidak bisa mengedit template melalui wp admin, kita tetap bisa memasang php popular post ini melalui cPanel web hosting.

B. Cara Memasang Php Script Popular Post Melalui cPanel

Untuk memasang php script popular post melalui cPanel Hosting, langkah pertama yang harus di lakukan adalah login ke cPanel Hosting anda dulu, jika anda belum tau bagaimana caranya, silahkan baca Panduan Cara Login ke cPanel Hosting.

Setelah login silahkan klik menu File Manager, pilih bagian public_html, maka akan terbuka tab baru.

Setelah sudah terbuka sempurna, silahkan pergi ke bagian public_html/wp-content/themes dengan cara menuliskannya di pencarian sebelah kiri atas, di sana anda akan melihat semua template wordpress yang sudah anda install, baik yang aktiv maupun yang tidak.

Cari folder template wordpress yang anda aktivkan sekarang ini kemudian klik 2x pada folder tersebut, setelah itu anda akan melihat semua php template wp yang anda gunakan tersebut.

Silahkan pilih saja tempat yang anda inginkan, tapi untuk lebih mudah silahkan edit sidebar.php saja, walaupun sebenarnya kita bisa meletakkannya di tempat lain.

Klik kanan pada sidebar.php kemudian klik edit, maka anda akan terbuka tab baru lagi, setelah proses loadingnya selesai silahkan tambahkan kode php script popular post yang sudah saya tuliskan di atas tadi kedalam sidebar.php, setelah itu simpan.

Nah itulah 2 Cara yang bisa di gunakan untuk menampilakn popular post pada blog wordpress anda. Cara yang ke dua ini hanyalah cara alternatif saja, dan sepertinya lebih susah dari cara yang pertama.
Tags: , , , , , , ,

Jangan Lupa Like dan share artike Menampilkan Popular Post Tanpa Plugin ini ya.

New Tutorial :
Menampilkan Popular Post Tanpa Plugin

Tentang Admin

Hanya seorang blogger biasa yang ingin mencoba menulis apa saja yang bisa di tulis, baik seputar tutorial blog, blogger template, dsb.

Berlangganan via RSS Feed

Mau baca artikel terbaru langsung di Email kamu? Silahkan masukan alamat email kamu untuk berlangganan artikel baru. (GRATIS!!!)

Jangan lupa konfirmasi di Email Kamu.

Saat ini kamu sedang berada di halaman Menampilkan Popular Post Tanpa Plugin, di bawah ini ada beberapa artikel lainnya yang mungkin ingin kamu baca, terimakasih atas kunjungannya.

4 komentar

  1. Hmm.. kok gak isa ya mas.. Error Parse!!

  2. di cek lagi mas, siapa tahu ada yang salah, soalnya cara ini sudah saya uji coba dan berhasil

  3. mgkn errornya krn tanda petik dua di atas bos (") terkadang terbacanya berbeda bentuknya klo di copas saja. jd mgkn bisa dicoba tanda petik duanya dihapus, lalu diganti dengan bos ketik sendiri.
    saya coba seh gitu.. :)